Cara menonaktifkan download otomatis di WhatsApp

Di whatsapp, sebagian dari kita mungkin gabung dengan lebih dari satu grup chat, dan chat dengan lebih dari satu orang. Saat chat, berkirim file media seperti foto, video, dan dokumen, adalah hal biasa.

Namun yang jadi masalah adalah, whatsapp secara otomatis mendownload semua media tadi, entah itu dari chat personal ataupun grup chat.

Sebagai contoh, jika kita gabung dibeberapa grup whatsapp, saat ada yang mengirimkan video dan foto, whatsapp akan otomatis mendownload dan menyimpan semuanya ke memori penyimpanan ponsel. Padahal mungkin kita tidak perlu sebagian dari media tsbt.

Ini tidak hanya boros kuota, tapi juga akan membuat memori penyimpanan ponsel kita cepat penuh.

Nah, untuk mengatasi hal ini, kita perlu mengatur agar whatsapp tidak otomatis menyimpan atapun mendownload media file tadi.

Mengatur agar whatsapp tidak save file media secara otomatis

1. Buka aplikasi Whatsapp kamu.
2. Di list chat, tap “ikon titik tiga pojok kanan atas”. Lalu tap “setelan”.


3. Kemudian ke menu setelan, pilih “Data dan Penyimpanan”.

cara menonaktifkan download otomatis di whatsapp

4. Kamu akan dibawa kehalaman “Data dan Penyimpanan” seperti dibawah ini. Disini ada pengaturan “Unduh otomatis media”. Dibawahnya ada tiga menu pengaturan, kita ingin ketiga pengaturan ini dinonaktifkan. Sekarang buka menu pertama “saat menggunakan data seluler”.

cara menonaktifkan download otomatis di whatsapp

5. Akan muncul kotak berisi pilihan media apa saja yang akan di unduh otomatis “Saat menggunakan data seluler”. Disini hilangkan semua ceklis dari semua pilihan media tsbt. Jika sudah tap “oke”.

cara menonaktifkan download otomatis di whatsapp

6. Ulangi cara tersebut pada bagian menu “saat terhubung ke Wi-Fi” dan “saat roaming”. Setelah berhasil, semua setelan tersebut akan berubah menjadi “tidak ada media” seperti dibawah ini.

cara menonaktifkan download otomatis di whatsapp

7. Selesai. Sampai disini kamu sudah berhasil mengatur agar whatsapp tidak mendownload otomatis file-file media tadi.

Admin: Berikut ini contohnya aku ambil setelah pengaturan auto-download dimatikan. Gambar yang aku terima hanya berupa “gambar blur” dan ada ukuran berat gambar diatasnya. Saat gambar di klik, barulah proses download dimulai dan setelah itu baru bisa dilihat.

Apakah sebaiknya dinonaktifkan semua menu download otomatisnya?

Seperti yang kita tau, pengaturan download otomatis terbagi ke tiga menu. Yaitu download otomatis di “data seluler”, “wifi” dan “saat roaming”. Dan tiap menu tadi, kita bisa pilih jenis media (foto, video, dll) yang ingin di download otomatis.

Jika tujuan awalnya adalah menghemat kuota whatsapp, mungkin pengaturan terkait data seluler saja yang sebaiknya dinonaktifkan, untuk wifi bisa tetap aktif. Baca juga halaman https://www.bukugue.com/cara-menghemat-kuota-whatsapp/ untuk tips lebih lanjut terkait menghemat kuota whatsapp.

Namun jika tujuannya adalah agar memori penyimpanan ponsel tidak penuh, maka memang sebaiknya semuan pengaturan dimatikan seperti contoh kita diatas.

Fyi, untuk pengaturan saat roaming, ini pengaturan jika kamu keluar negeri dan tersambung ke internet secara roaming. Jadi jika tidak keluar negeri, pengaturan ini bisa diabaikan.


Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat, terimakasih!

Tinggalkan komentar