Cara menyembunyikan foto yang men-tag kita di Facebook

Facebook memiliki fitur tag yang memudahkan para penggunanya untuk menandai teman mereka saat memposting, baik itu postingan foto atau teks. Fitur tag ini bisa di gunakan oleh siapa saja. Bahkan seseorang yang kita tidak kenal pun bisa menandai kita di dalam postinganya.

Jika dulu tag digunakan untuk menandai teman saat mengabadikan momen bersama, atau hanya sekedar membagikan kenangan. Kini tag mulai digunakan sebagai ajang promosi gratis yang terkadang mengganggu kita sebagai orang yang di tandai.

Mungkin banyak dari kalian yang tidak tahu bahwa postingan ataupun foto yang men-tag kita, bisa di sembunyikan dari kabar beranda kita. Disini kita akan bahas bagaimana melakukan hal tsbt.

Sebelum kita bahas hal tersebut, ada yang perlu kalian ketahui. Di facebook sebenarnya, kita juga bisa mengatur agar orang lain tidak bisa sembarangan men-tag kita. Selain itu jika sudah terlanjur di tag, kita juga bisa menghapus nama kita dari postingan yang men-tag tadi, sehingga postingan hilang dari timeline kita.

Berbeda dengan yang akan kita bahas disini, pengaturan untuk menyembunyikan hasil tag ini bersifat global, artinya setelah pengaturan diaktifkan, seluruh hasil tag di timeline kita akan disembunyikan tanpa terkecuali.

Penasaran? Simak pembahasan dibawah ini.

A. Menyembunyikan Foto Hasil Tag di Facebook via HP

Kita akan bahas cara melakukannya via ponsel terlebih dahulu, karena saat ini sepertinya lebih banyak yang facebook-an di ponsel dari pada di komputer atau PC. Langsung saja, berikut caranya.

1. Buka aplikasi facebook di smartphone kalian masing-masing.
2. Tap “icon garis tiga” yang ada di pojok kanan atas untuk melihat menu. Gulir kebawah, dan cari menu “Pengaturan”. Masuk ke menu tersebut.

3. Setelah berada di halaman pengaturan, kalian gulir ke bawah dan cari bagian privasi, dibawahnya ada beberapa pilihan menu. Pilih menu “Linimasa dan Penandaan”.

masuk ke linimasa dan penandaan

4. Setelah berada dihalaman pengaturan Linimasa dan Penandaan, kalian gulir lagi kebawah, hingga dibagian Penandaan”. Dibawahnya ada beberapa pilihan pengaturan, pilih menu “Siapa yang bisa melihat postingan yang menandai anda di linimasa anda?”.

masuk ke menu yang sudah di tandai

5. Setelah itu kalian akan di bawa ke helaman pemilihan publikasi status tag seperti dibawah ini. Disini kalian pilih saja ospi “Hanya saya” agar postingan yang men-tag kalian hanya bisa dilihat oleh kalian sendiri. Jika sudah, tanda centang biru-nya akan pindah mengikuti pilihan kalian tadi.

6. Selesai.

B. Menyembunyikan Foto Hasil Tag di Facebook via PC

1. Seperti biasa, buka akun facebook kalian di browser kalian masing-masing.
2. Jika sudah berada dihalaman beranda, klik “ikon segitiga terbalik” dipojok kanan atas untuk memunculkan menu.

klik icon panah ke bawah

3. Pilih menu Pengaturan dari dropdown yang muncul.

masuk ke menu pengaturan

3. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman pengaturan seperti dibawah ini. Di jendela bagian kiri, pilih menu “Linimasa dan Penandaan”.

masuk ke linimasa dan penandaan

4. Jika sudah berada di halaman “Linimasa dan Penandaan”, cari menu dengan tulisan “Siapa yang bisa melihat postingan yang menandai anda di linimasa anda ?, klik “Edit” yang ada disebelah menu tersebut.

klik menu edit

5. Setelah itu akan muncul pilihan pengaturan dibagian bawah menu tsbt. Disini pengaturannya adalah “Teman dari Teman”. Klik saja kolom pengaturan tsbt.

klik icon custom

6. Setelah itu akan muncul dropdown opsi lainnya. Disini kita pilih “Hanya saya”. Jika sudah maka kalian sudah berhasil menyembunyikan foto yang menandai kalian di facebook.

pilih hanya saya

7. Selesai.


Perlu ditekankan sekali lagi, dengan melakukan pengaturan diatas, foto hasil tag tidak hilang/dihapus, tapi disembunyikan.

Kalian tetap akan melihat seluruh postingan yang menandai kalian di linimasa atau timeline kalian. Tapi yang bisa melihat hanya kalian sendiri, pengguna lain tidak.

Di akun pengguna lain, semua postingan yang men-tag tadi tidak akan ada sama sekali, seperti sudah dihapus.

Sekali lagi, hal ini hanya menyembunyikan saja, jika kalian ingin menghapusnya, gunakan cara yang ada dihalaman bukugue.com/cara-menghapus-tag-di-facebook.


Fitur diatas akan sangat berguna bagi kalian yang sering di tag oleh orang yang tidak kalian kenal, dan postingan yang menandai kalian berbau unsur pelanggaran, promosi ataupun hoax.

Sekian pembahasan kali ini, jika ada saran atau pertanyaan, bisa ditambahkan dikolom komentar dibawah. Jangan lupa share jika bermanfaat.

Tinggalkan komentar