Cara mem-pin chat LINE agar selalu berada dipaling atas

LINE merupakan sebuah aplikasi Chatting dimana kalian bisa dengan mudah melakukan percakapan atau chat dengan pengguna lainnya. Banyak fitur-fitur yang mendukung proses “mencari” dan “menambah” teman baru di LINE.

Disatu sisi ini merupakan hal positif, karena kalian bisa mudah mendapatkan teman-teman baru.

Disisi lain, hal ini membawa dampak buruk juga. Mengingat saat kalian chat, ruang chat yang berada diatas adalah yang paling baru isi chat-nya. Sehingga chat lama yang mungkin penting, bisa dengan mudah tertimbun.

Untuk mengatasi hal ini, LINE sendiri sudah menyediakan fitur terkait. Fitur tsbt adalah fitur “pin chat”, yang bisa menyematkan chat tertentu agar selalu berada diposisi teratas dan tidak bisa ditimbun oleh chat-chat baru yang masuk.

Dengan fitur pin chat ini, chat-chat penting bisa diprioritaskan untuk selalu diatas, jadi kalian tidak susah mencarinya.

Mem-pin chat penting di LINE

Sebenarnya menyematkan chat di LINE sangatlah mudah, namun masih ada saja diantara kita, terutama pengguna baru, yang mungkin belum tau cara pakai fitur ini.

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

1. Yang pertama kalian harus lakukan adalah, masuk ke aplikasi LINE kalian. Setelah itu masuk ke halaman obrolan/chat kalian seperti dibawah ini.

Masuk ke halaman awal Line

2. Dihalaman obrolan ini, cari chat yang akan kalian sematkan. Lalu “tekan dan tahan lama” pada chat tsbt, selanjutnya akan muncul halaman popup berisi pilihan menu seperti dibawah ini. Disini pilih “Pasang pin”.

Pilih Pasang Pin

3. Selesai. Seharusnya chat yang kalian pin tadi sudah akan muncul dipaling atas list obrolan kalian.

Pin Chat Berhasil

Selain itu akan terlihat “ikon pin berwarna biru” di thumbnail chat tsbt seperti digambar diatas. Ini menandakan bahwa chat tersebut sudah di-pin dan akan selalu berada dipaling atas list chat kalian.

Membatalkan chat yang di-pin

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan kalian akan chat di Line akan semakin berubah.

Awalnya chat yang kalian pin saat ini, adalah chat penting menurut kalian, namun bisa jadi kedepannya, chat tersebut sudah menjadi tidak penting dan tidak perlu di sematkan diatas lagi.

Disini kalian bisa membatalkan atau mengembalikan chat yang di pin tadi menjadi chat normal. Untuk melakukannya juga cukup mudah. Kalian hanya perlu “tekan dan tahan lama” di chat tsbt, lalu pilih menu “Cabut pin” dari menu yang muncul seperti dibawah ini.

Unpin Pin Chat

Setelah di “cabut pin”, chat akan kembali seperti chat normal, dan akan tertimbung oleh chat-chat baru lainnya.


Itulah penjelasan bagaimana memberikan pin pada sebuah chat di LINE, agar chat tersebut selalu berada dibagian paling atas list chatting kalian. Jika kalian masih bingung, atau ada yang ingin ditambahkan, silahkan kirimkan dikolom komentar dibawah ini.

Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar