Cara Share Lokasi Secara Real Time di Telegram

Disini kita akan bahas bagaimana membagikan lokasi di telegram. Lokasi yang dibagikan bisa lokasi real time atau bisa juga lokasi saat ini.

Buat yang belum tau, share lokasi real time itu maksudnya kita membagikan posisi lokasi kita secara otomatis selama beberapa waktu kedepan. Misalnya kita sedang janjian ketemuan di suatu tempat, teman yang mendapatkan share lokasi real time tadi bisa melihat pergerakan kita saat itu juga. Jadi jika kita bergerak, lokasi yang dibagikan keteman akan berubah seiring pergerakan kita.

Fitur ini tidak jauh berbeda dengan fitur share lokasi di WhatsApp.

Fitur ini sangat cocok untuk kalian yang sedang COD, maupun hanya sekedar untuk janjian dengan teman kalian. Ini memudahkan kedua belah pihak untuk bisa ketemuan ditempat yang sama, di waktu yang sama.

Ok. Langsung saja kita bahas.

Untuk bisa menggunakan fitur ini kalian tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, karena fitur ini sudah tersedia di dalam aplikasi telegram itu sendiri. Berikut langkah-langkah membagikan lokasi kalian via telegram.

1. Buka chat telegram yang ingin kalian kirimkan lokasi kalian.

pilih salah satu kontak

2. Jika sudah, kalian klik lampiran atau ikon “jepitan kertas” yang berada di pojok kanan bawah.

klik icon lampiran

3. Selanjutnya akan muncul beberapa menu pilihan di bagian bawah bar. Untuk membagikan lokasi, silahkan pilih ikon “lokasi” seperti pada gambar.

pilih icon location

4. Selanjutnya akan muncul halaman permintaan izin akses lokasi oleh telegram. Kalian klik saja izinkan.

pilih menu izinkan
pilih menu izinkan

5. Setelah itu akan muncul menu terkait “share lokasi” tadi. Disini ada dua pilihan, yaitu “Bagikan lokasi saya saat ini” dan “Bagikan live lokasi ke..”. Untuk mengirimkan lokasi yang diupdate secara real time, pilih menu “Bagikan live lokasi ke..”

pilih agikan live location


6. Setelah itu akan muncul halaman kecil untuk menentukan berapa lama kalian ingin membagikan pergerakan lokasi kalian. Disana ada tiga pilihan yaitu 15 menit, 1 jam, dan 8 jam. Kalian bisa pilih sesuai kebutuhan.

pilih waktunya dan klik bagikan

7. Jika sudah maka secara otomatis kalian sudah berhasil membagikan lokasi kalian saat ini kepada teman kalian. Oh iya di bagian pojok lokasi ada waktu yang sudah kalian tentukan, jika waktu itu habis maka pembagian lokasi tadi akan berhenti.

Artikel Lainnya :  Cara mengatur suara notifikasi Telegram secara general maupun khusus

8. Selesai. Mudah bukan?

Fitur shareloc di telegram ini bisa akan sangat berguna sekali untuk yang perlu janjian di waktu tertentu. Jadi kalian atau orang yang diajak janjian tidak perlu terburu-buru, kalau misalnya salah satu masih belum sampai dilokasi tujuan.


Bagaimana menurut kalian mengenai fitur satu ini? Berikan pendapat kalian dikolom komentar dibawah.

Mungkin sampai disini bahasan kali ini. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan komentar