Cara share lokasi lewat WhatsApp (panduan lengkap)

Share lokasi, berbagi lokasi, atau biasa kita sebut sebagai share loc merupakan salah satu fitur di Whatsapp Messenger yang memungkinkan kita untuk membagikan lokasi kepada lawan chat kita. Lokasi yang dibagikan pun tidak hanya mencakup lokasi kita sendiri, namun kita juga dapat membagikan lokasi lainnya, misalnya lokasi rumah, lokasi suatu tempat yang kita tuju, dll.

Di Whatsapp kita akan diberikan pilihan untuk membagikan lokasi terkini (real time/live) atau lokasi fix (tetap). Lalu apa yang membedakan diantara kedua hal ini? Bagaimana cara melakukan share loc melalui aplikasi Whatsapp?

Kami akan membahas mengenai fitur shareloc WhatsApp selengkap-lengkapnya melalui tulisan ini. Simak penjelasan kami berikut ini.

Perbedaan share location tetap dengan share live location

Di WhatsApp, ada dua jenis lokasi yang bisa di bagikan, yaitu lokasi fixed (tetap) atau lokasi live (terkini). Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, jadi akan dijelaskan sedikit sebelum kita masuk ke langkah-langkah tutorialnya, sehingga kamu bisa fitur mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan kamu saat ini.

Share lokasi biasa atau “lokasi tetap” memungkinkan penggunanya untuk membagikan lokasinya dengan merujuk kepada salah satu tempat. Lokasi yang dibagikan dapat berupa lokasi kita saat ini, lokasi tujuan kita, dll. Lokasi yang dibagikan adalah lokasi fix di peta, dan tidak akan berubah.

Sedangkan share live location (lokasi terkini secara real time) memungkinkan kita untuk dapat berbagi lokasi kita secara terkini, disini kita tidak bisa mengatur lokasinya, tapi system akan menentukan lokasi kita melalui GPS, dimana lokasi yang dibagikan akan berubah menyesuaikan dengan titik dimana kita berada saat ini. Titik ini akan turut berpindah jika kita melakukan perjalanan.

Baca juga : Cara mengirimkan lokasi palsu (fake location) di WhatsApp

A. Cara share lokasi tetap kita saat ini di Whatsapp

1. Buka ruang obrolan. Setelah itu tekan ikon lampiran (ikon berbentuk klip).

ketuk pada bagian ikon berbentuk klip

2. Pilih ikon “Lokasi”.

ketuk ikon lokasi

3. Untuk membagikan lokasi tetap kita saat ini, pilih “kirim lokasi anda saat ini”. Maka secara otomatis kita akan mengirimkan lokasi ke lawan bicara. Kemudian kirimkan pesan jika diperlukan.

4. Selesai. Lokasi yang dikirimkan terkadang mungkin tidak persis sesuai titik dimana kita berdiri. Namun lokasi sudah dipastikan akurat sampai beberapa meter dari lokasimu sebenarnya.

B. Cara share lokasi suatu tempat tertentu (untuk membagikan sebuah alamat)

1. Pertama, buka ruang chat. Pada bagian kolom obrolan, yaitu di bagian bawah, tekan ikon berbentuk klip.

ketuk pada bagian ikon berbentuk klip

2. Untuk membagikan lokasi, pilih “Lokasi“.

ketuk ikon lokasi

3. Untuk mengirimkan suatu tempat disini, misalnya disini kita akan membagikan lokasi “KFC Ungaran”, tekan ikon “search”.

cari lokasi pada kolom pencarian

4. Setelah itu ketikkan nama lokasi di kolom yang tersedia. Setelah itu pilih lokasi dari pilihan yang muncul. Pilih lokasi yang paling sesuai dengan lokasi yang ingin dibagikan. Klik lokasi tersebut, maka secara otomatis lokasi akan dibagikan kepada lawan bicara.

pilih lokasi yang akan dibagikan

5. Kamu bisa menambahkan keterangan di chat agar temanmu tau lokasi apa yang kamu share saat itu.

6. Selesai.

C. Cara share live location di WhatsApp

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, disini kita tidak bisa memilih lokasi, tapi system WhatsApp akan otomatis melihat lokasi kita dengan bantuan GPS, wifi, dan data lainnya (untuk meningkatkan akurasi). Lokasi akan di update secara real time selama waktu yang ditentukan.

Disini kamu bisa menentukan misalnya kamu ingin membagikan lokasi live kamu selama 1 jam kedepan. Setelah satu jam, update-an lokasipun akan otomatis terputus.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka ruang obrolan lalu tekan ikon lampiran seperti cara sebelumnya.
2. Pilih ikon “Lokasi”.

pilih ikon lokasi

3. Jika kita ingin membagikan lokasi terkini (live location), maka tekan “berbagi lokasi terkini“. Akan muncul informasi yang menjelaskan apa itu live location. Intinya, live location memungkinkan kita untuk membagikan lokasi kita secara real time. Setelah itu tap lanjut.

4. Pilih durasi, yaitu berapa lama lokasi terkini akan dibagikan. Misalnya kita akan melakukan perjalanan yang membutuhkan waktu setidaknya 5 jam, maka kita bisa memilih durasi 8 jam.

pilih durasi berapa lama lokasi terkini akan dibagikan

5. Selain dapat mengatur durasi, kita juga dapat menuliskan keterangan (opsional, boleh ya boleh tidak). Kemudian tap tombol pesawat untuk mengirim.

kita dapat menambahkan keterangan pada live location

6. Selesai, berikut bisa dilihat hasilnya.

selesai membagikan lokasi terkini

Kamu bisa berhenti memberikan lokasi live bahkan sebelum durasi berbagi habis, caranya dengan menekan menu “Berhenti berbagi” yang ada dibawah lokasi live tsbt.

Pertanyaan seputar share lokasi di Whatsapp

Pertanyaan yang sering muncul adalah, apakah share lokasi bisa dilakukan pada grup chat? Jawabannya ya, kita dapat melakukan share lokasi ke grup chat.

Cara untuk membagikan lokasinya pun tidak berbeda dengan cara yang telah kami jelaskan tadi. Yang membedakan hanyalah peserta chatnya saja. Semua peserta dalam grup chat akan dapat mengetahui lokasi yang dibagikan. Jika anggota grup chat berjumlah 100 orang, maka 100 orang tersebut akan dapat melihat lokasi yang kita bagikan ke grup obrolan.

Kemudian, apakah kita dapat membagikan lokasi melalui Whatsapp web? Jawabannya, sayang sekali tidak. Whatsapp versi web tidak menyediakan opsi atau tombol lokasi untuk berbagi lokasi. Namun kita masih dapat menggunakan Google Maps untuk berbagi lokasi.

Caranya, kita cukup mengunjungi halaman https://www.google.com/maps di browser kita. Pastikan juga kita sudah memberikan izin pada google maps untuk mengakses lokasi kita. Jika kita tidak memberikan izin akses lokasi, maka lokasi kita sendiri tidak akan terdeteksi. Maka dari itu langkah ini cukup penting.

Lalu selanjutnya, kita dapat langsung mengklik ikon bidik. Lalu lokasi kita saat ini akan ditandai dengan titik berwarna biru. Selain lokasi kita sendiri, kita juga dapat mencari lokasi lainnya dengan memanfaatkan fitur pencarian.

klik ikon bidik untuk mengetahui lokasi kita di maps, atau lakukan pencarian lokasi

Setelah lokasi kita terbidik oleh maps, kita dapat mengklik titik biru di peta untuk mengetahui alamatnya. Buka lokasi yang dibidik untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

buka informasi lokasi

Jika informasi lokasi sudah terbuka, maka kita sudah dapat membagikan lokasi ke aplikasi lain (termasuk Whatsapp web) dalam bentuk link. Link Google Maps tersebut dapat kita salin dan bagikan ke lawan bicara kita di Whatsapp web.

bagikan lokasi lalu copy link

Melalui Google Maps, kita dapat membagikan lokasi bahkan saat menggunakan Whatsapp web. Namun untuk lokasi terkini (live location), kita tidak dapat menggunakannya dengan Google Maps. Satu-satunya cara untuk membagikan lokasi terkini adalah dengan menggunakan Whatsapp messenger melalui smartphone kita.


Nah readers, semoga penjelasan kali ini dapat membantu kalian yang masih sering bingung mengenai fitur berbagi lokasi di Whatsapp. Jika ada pertanyaan terkait topik kali ini, kalian bisa menuliskan pertanyaan melalui kolom komentar ya.

Selamat mencobanya!

Tinggalkan komentar