Ciri-ciri WhatsApp disadap dan cara mengatasinya

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk bertukar pesan dan menjadi aplikasi dengan pengguna terbanyak di dunia. Inilah yang membuat banyak oknum jahat beralasan untuk melakukan kejahatan seperti menyadap WhatsApp.

Akun WhatsApp yang disadap, artinya pelaku kejahatan dapat dengan mudah mendengar dan membaca percakapan kita di dalam aplikasi tersebut. Oknum yang tidak bertanggungjawab tersebut juga bisa melihat nomor kontak dan melakukan segala aktivitas yang tidak dilakukan oleh pengguna.

Banyak orang yang merasa dirugikan ketika WhatsApp-nya disadap. Biasanya para oknum jahat berniat melakukan penipuan. Maka dari itu, kita perlu memahami dan mengetahui ciri-ciri saat akun WhatsApp milikmu disadap agar bisa melakukan tindakan penyelesaian dengan cepat.

Tanda atau ciri WhatsApp disadap

  1. Pesan yang belum dibaca tiba-tiba menjadi keterangan sudah terbaca. Jika kamu merasa belum membaca pesan tetapi tiba-tiba pesan tersebut menjadi keterangan centang biru tanda sudah terbaca, artinya akun WhatsApp milikmu kemungkinan telah disadap
  2. Mengirim pesan ke orang lain yang tidak dikirim oleh pengguna. Jika kamu mendapat pesan yang dikirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuanmu, bisa jadi akun WhatsApp milikmu sedang disadap oknum tertentu.
  3. Terlihat Online padahal kamu sedang offline. Jika akun pengguna terlihat online di aplikasi WhatsApp milik orang lain, tapi kamu tidak sedang membuka aplikasi tersebut di ponsel mau pun di WhatsApp web. Hal tersebut juga termasuk ciri lain ketika WhatsApp milikmu disadap.

Cara menghentikan WhatsApp yang disadap

Salah satu cara yang biasanya digunakan untuk membajak pengguna WhatsApp adalah fitur WhatsApp web. Seperti yang kita tau, akun WhatsApp hanya bisa digunakan disatu perangkat, dan hanya bisa diakses diperangkat lain dengan fitur WhatsApp Web.

Kamu bisa menghentikan pembajakan tadi langsung dari pengaturan WhatsApp-mu. Caranya adalah dengan memaksa logout dari WhatsApp web diperangkat lain. Berikut langkah-langkahnya.

1. Dihalaman awal WhatsApp, tekan ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

Pilih dan tekan "titik tiga pojok kanan atas"

2. Selanjutnya pilih “WhatsApp Web”.

Pilih dan tekan "WhatsApp Web"

3. Dihalaman ini akan terlihat semua perangkat yang terhubung ke WhatsApp kamu melalui fitur WhatsApp web. Cek apa saja perangkat yang terhubung dan jika ada perangkat tidak dikenal sebaiknya pilih keluar dari perangkat tersebut.

4. Setelah keluar maka akses untuk web atau perangkat tersebut akan hilang dalam daftar perangkat yang terhubung.

Pilih dan tekan "daftar tautan perangkat"

5. Jika kamu ragu, sebaiknya keluarkan semua perangkat yang tertera disana. Nanti jika kamu butuh fitur WhatsApp web, kamu bisa tautkan ulang perangkat yang kamu gunakan.

Tindakan pencegahan untuk menghindari penyadapan WhatsApp

1. Jangan sembarang meminjamkan ponsel ke orang lain.

Proses pembajakan dengan fitur WhatsApp web membutuhkan akses ke ponsel kamu dan akun WhatsApp kamu. Jadi hanya orang yang bisa meminjam ponsel kamu yang bisa mensetting hal ini. Untuk setting hal ini, mereka hanya butuh waktu satu dua menit jika sudah terbiasa.

2. Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah.

Fitur ini menjaga agar orang yang bisa akses ponsel kamu, tidak bisa memindahkan paksa WhatsApp kamu ke ponsel lain.

Fitur ini juga bisa menjaga kamu dari orang yang bisa memanipulasi kamu untuk memberikan kode OTP kamu, atau dari hacker level tinggi yang bisa mendapatkan kode OTP kamu langsung dari operator.

Fitur ini lebih mencegah kearah proses hacking atau pencurian akun WhatsApp kamu.

Baca disini bukugue.com/mengaktifkan-dan-menonaktifkan-verifikasi-dua-langkah-whatsapp untuk informasi lebih detail terkait fitur ini.

3. Mengaktifkan fitur Pindai Sidik Jari atau fingerprint lock.

Fitur ini mewajibkan pengguna untuk memindai sidik jari setiap kali ingin membuka akun WhatsApp. Dengan fitur ini, setidaknya jika ada yang pinjam ponsel kamu, mereka tidak bisa masuk ke akun WhatsApp kamu, dan tidak bisa mensetting pembajakan dengan WhatsApp web.

Baca disini bukugue.com/cara-mengunci-whatsapp-dengan-sidik-jari untuk informasi lebih lanjutnya.


Itulah ciri-ciri akun WhatsApp yang disadap, sekaligus solusinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar