Cara mengembalikan akun Facebook yang di Hack (Panduan Lengkap)

Ini adalah topik yang tidak mudah untuk dijawab dengan singkat, karena ada beberapa “skenario” ketika akun Facebook seseorang kena hack.

Ada kondisi dimana akun di hack oleh orang yang dikenal, ada juga oleh orang yang tidak dikenal. Kedua hal ini bisa diselesaikan dengan pendekatan yang berbeda.

Aku sendiri sudah dapat ratusan pertanyaan terkait akun Facebook yang dihack selama beberapa tahun mengelola blog ini. Beberapa diantaranya, akun mereka dihack oleh orang yang mereka kenal. Mereka kesulitan untuk mendapatkan akunnya kembali, sementara mereka tau siapa yang ambil akunnya.

Disini aku akan coba jawab semuanya sesuai dengan pemahamanku akan masalah ini. Ok langsung saja ya, tidak perlu lama-lama intronya.

A. Jika akun Facebook kamu dihack orang yang kamu kenal

Mengembalikan akun FB yang dibajak itu tidak mudah, biasanya hacker sudah menghapus nomor HP dan email pemulihan kita dari akun FB tsbt, sehingga proses recovery jadi lebih rumit dan kemungkinan berhasil tidak 100%.

Untuk kasus ketika akun FB dibajak oleh orang yang kamu ketahui, misalnya mantan pacar, mantan suami, mantan istri, dll, ini solusi jauh lebih simpel.

Yang perlu kamu lakukan adalah hubungi orang yang menghack tadi baik-baik.

Jelaskan “baik-baik” kalau yang mereka lakukan itu melanggar undang-undang ITE, jelaskan “baik-baik” bahwa mereka bisa dipenjara 8 tahun dan denda hingga 800 juta. Jelaskan juga “baik-baik” bahwa memposting sesuatu di akun Facebook orang lain itu adalah tindakan pidana tambahan, yang bisa di denda hingga 2 miliar.

Jika orang tersebut tidak percaya, kirimkan link ini hukumonline.com/klinik/detail/lt50c51cada600a/hukumnya-membajak-akun-facebook-orang-lain/ ke orang yang menghack tadi, SETIAP JAM, hingga akun Facebook kamu dikembalikan.

Jika dia tetap tidak menghiraukan, ancam “baik-baik” bahwa kamu akan buat pengaduan ke pihak berwajib.

Yang penting disini pandai-pandai meyakinkan orang tsbt, bahwa demi kebaikan dia sendiri, sebaiknya dia kembalikan akun Facebookmu.

Sekali lagi, proses recovery akun Facebook itu gampang-gampang sulit, kamu bisa baca komentar-komentar dilaman ini, dan baca juga proses yang akan dijelaskan dibawah. Jika kamu bisa mengikuti proses dibawah dan dapatkan akun Facebookmu, silahkan ikuti proses recovery dibawah. Tapi jika tidak, lebih mudah untuk minta akun kamu ke orang yang menghack tadi.

Jika setelah itu semua dia tetap tidak menghiraukan, maka mulai buat aduan/

Jangan serba tidak enak ya, akun Facebook kamu, hak kamu. Kamu bebas gunakan, tapi orang lain yang bukan pemilik, tidak boleh SECARA HUKUM menggunakan akun kamu.

Jangan biarkan harga diri kita dan keluarga kita di injak-injak. Jangan mau diam saja, saat orang tsbt memakai akun kita untuk mempermalukan kita dan keluarga kita. Ini negara hukum, ada konsekuensi untuk yang melakukan hal ini.

Ambil tindakan. Kamu sudah beri tahu orang tsbt, sudah minta baik-baik, sudah jelaskan konsekuensinya, dan dia masih berani pakai akunmu, posting yang tidak baik, maka ambil tindakan. Datangi kantor polisi, buat laporan.

B. Gunakan opsi pemulihan yang masih tersedia

Biasanya hacker akan langsung ganti nomor HP, email dan kontak terpercaya akun Facebook kamu.

Tapi jika kamu beruntung, misalnya karena kamu cepat tau, ada kemungkinan si hacker belum sempat ganti semuanya, misalnya dia belum sempat hapus kontak terpercaya kamu.

Kamu tinggal gunakan opsi yang tersedia tersebut untuk mendapatkan password baru. Setelah mendapatkan password baru, perkuat keamanan akun tsbt dengan mengaktifkan fitur autentikasi dua langkah.

Kamu bisa baca halaman bukugue.com/lupa-kata-sandi-facebook/ untuk proses reset sandi dengan no HP, email ataupun kontak terpercaya.

C. Membatalkan perubahan email hacker

Sebelum kamu bingung, disini aku akan jelaskan dulu.

Ada orang yang kena hack email-nya, setelah itu hacker mengambil alih akun Facebook orang tsbt melalui email yang dihack tadi. Biasanya hacker juga akan mencuri akun lain yang terkait ke email tsbt, seperti akun Instagram, Twitter, dll.

Ada juga orang yang kena hack hanya akun Facebooknya saja. Akun emailnya tidak di hack, dan masih bisa dia akses dan gunakan seperti biasa. Untuk orang ini, dia bisa mengembalikan akun Facebooknya melalui email lama tsbt.

Hal ini dijelaskan dihalaman support facebook disini facebook.com/help/203305893040179. Berikut aku kutip dibawah.

Catatan: Jika email yang terhubung dengan akun Facebook Anda berubah, Anda dapat mengembalikan perubahan ini. Ketika email diubah, kami mengirim pesan ke akun email lama dengan tautan khusus. Anda dapat mengeklik tautan ini untuk mengembalikan perubahan email dan mengamankan akun Anda.

Disana Facebook menekankan, bahwa saat email diganti oleh hacker, kita bisa membatalkan perubahan email tsbt dengan mengklik link yang dikirimkan oleh Facebook ke email lama kita.

Artikel Lainnya :  Cara menghilangkan lencana "New Member" di Grup Facebook

Setelah membatalkan perubahan, otomatis email lama tadi akan jadi opsi pemulihan di akun FB tsbt. Langkah selanjutnya adalah reset sandi akun tsbt seperti biasa, login dan perkuat keamanan akun Facebook tsbt.

D. Lewat Verifikasi Identitas

Disini kebetulan penulisku sudah bahas terkait hal ini. Jadi ini aku copas aja kesini ya. Bagian ini ditulis oleh mas alvin. Jadi harap maklumi jika kalian tiba-tiba merasa gaya tulisannya berubah.

D.1 Latar belakang

Sekitar satu atau dua bulan lalu, akun Facebook istri saya kena hack. Emailnya diganti sehingga tidak bisa lagi masuk ke Facebook dengan menggunakan alamat email yang sama. Setelah mencoba berbagai macam cara, istri saya berhasil mengembalikan akun Facebooknya melalui verifikasi kartu identitas.

Waktu itu saya agak ragu akun Facebooknya bisa balik lagi. Tapi ternyata akun Facebook yang emailnya sudah diganti pun masih bisa dikembalikan.

Akhirnya karena proses pengembalian akun Facebook menggunakan kartu identitas berhasil dilakukan, maka saya coba kembali melakukan cara yang sama agar langkah-langkahnya bisa ditulis di artikel ini.

Untuk mengulangi langkah yang sama, saya harus membuat akun Facebook saya seolah-olah dihack. Jadi, emailnya saya ganti dengan email lain dan nomor HP yang tertaut dengan akun Facebook tersebut saya hapus. Terakhir, saya juga ubah sedikit nama akunnya.

Saya melakukan beberapa cara untuk untuk mengembalikan akun Facebook yang saya ubah tadi. Setelah mencoba beberapa kali, akhirnya akun Facebook berhasil kembali dengan cara mengirimkan foto kartu identitas.

D.2 Persiapan

Sebelum mulai mengikuti langkah-langkah cara mengembalikan akun FB yang dibajak dengan menggunakan verifikasi kartu identitas yang saya bahas di artikel ini, ada baiknya kamu membaca tips berikut.

a. Gunakan perangkat yang sering kamu pakai mengakses akun Facebook tsbt.

Saya mencoba mengembalikan akun Facebook dengan menggunakan dua smartphone. Tapi meski keduanya berada di jaringan wifi yang sama, namun hasilnya berbeda.

Ketika mencoba di smartphone pertama, saya tidak  bisa melanjutkan proses untuk verifikasi menggunakan kartu identitas. Padahal, saya pernah beberapa kali menggunakan akun Facebook di perangkat tersebut.

Lalu saya mencoba di smartphone kedua dimana akun Facebook saya memang hampir selalu menempel pada perangkat tersebut sebelum kena hack. Hasilnya, ada langkah tambahan yang membuka akses untuk verifikasi kartu identitas. Jadi, gunakan perangkat yang sering kamu gunakan untuk membuka akun Facebook.

b. Siapkan kartu tanda pengenal

Siapkan salah satu dari tanda pengenal berikut. Nanti, fotonya harus kamu kirim ke Facebook.

  • Kartu tanda penduduk (KTP)
  • Surat izin mengemudi (SIM)
  • Paspor
  • Akta kelahiran
  • Kartu keluarga
  • Visa
  • dll

Ada banyak ya, kamu bisa cek laman facebook.com/help/159096464162185, ada puluhan jenis kartu identitas yang diterima.

c. Siapkan email

Selain hal-hal di atas, kamu juga perlu menyiapkan akun email yang akan digunakan untuk proses pemulihan.

Jika misalnya kamu masih punya akses ke akun email lama, kamu bisa gunakan email lama tsbt dalam proses ini.

Namun jika kasusnya adalah akun email lama kamu tidak bisa diakses atau juga diambil alih oleh hacker, kamu bisa buat email baru terlebih dahulu. Untuk membuat email baru, kamu bisa baca halaman bukugue.com/cara-membuat-email-gmail/.

D.3 Langkah-langkahnya

Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Cari dan catat nama akun Facebookmu yang mungkin telah diubah. Langkah ini penting karena nanti kamu akan menggunakan nama akun tersebut untuk menemukan akun Facebookmu yang sudah dihack. Kamu bisa mencari akun Facebook kamu lewat akun keluarga yang berteman dengan akun tsbt.

2. Selanjutnya buka browser kamu, lalu masuk ke facebook.com/hacked.

buka browser dan masuk ke "facebook.com/hacked".
Facebook.com/hacked ya bukan facebook.com/hackett

3. Tap “Akun saya dibobol”.

Tap "Akun Saya Dibobol".

4. Disini kita tidak tau alamat email atau ponsel yang dimasukkan oleh hacker tsbt, jadi pilih “Lupa kata sandi?”.

Tap "Lupa Kata Sandi?.

5. Selanjutnya kita akan mencari akun kita tsbt. Tap “Cari berdasarkan email atau nama Anda”, karena kita ingin mencari dengan nama.

Tap "Cari berdasarkan email atau nama Anda".

6. Masukkan “nama akun” Facebookmu saat ini yang sudah kamu dapatkan dilangkah satu tadi. Lalu tap “Cari”.

Masukan nama akun Facebookmu.

7. Di halaman selanjutnya, kamu mungkin akan bingung karena ada banyak nama akun yang sama. Di tambah lagi foto profilnya tidak diperlihatkan oleh system Facebook. Jadi sulit membedakan mana akunmu dan mana yang bukan. Jika demikian, scroll ke bawah dan tap “Saya Tidak Ada Di Daftar Ini”.

Artikel Lainnya :  Cara mengubah tanggal postingan di Facebook

8. Disini kamu akan diminta memasukkan nama lengkap salah satu teman Facebookmu. Sekali lagi, lihat akun Facebookmu dari akun keluarga, dan catat nama salah seorang temanmu. Masukkan nama temanmu dikolom yang tersedia, setelah itu tap “Cari”.

Masukan nama lengkap salah satu temanmu dan tap "Cari".

9. Di halaman selanjutnya, terdapat pilihan untuk mengirimkan kode pemulihan akun Facebook ke email. Karena emailnya disini adalah punya si hacker, pilih tap “Coba Cara Lain”.

Tap "Coba Cara Lain".

10. Nanti akan muncul beberapa pilihan lain. Baca dengan teliti, jika dirasa semua opsi masih terkait sama sihacker, tap “Tidak punya akses ke sini lagi?”.

Tap "Tidak punya akses ke sini lagi?".

11. Selanjutnya, tap “Saya Tidak Dapat Mengakses Email”.

Tap "Saya Tidak Dapat Mengakses Email".

12. Nah, jika kamu tidak menggunakan perangkat yang sering kamu gunakan, maka kemungkinan besar langkahnya akan berakhir di sini.

Tap "Selesai".

13. Namun jika Facebook dapat mengidentifikasi perangkatmu, maka akan tampil sejumlah pilihan seperti dibawah. Pada pilihan tersebut, tap “Facebook”.

Admin: Dari yang aku pahami, disini Facebook mencoba cari data tersimpan terkait Facebook di ponsel tsbt, data tsbt kemungkinan berupa cookies dan cache yang berkaitan sama akun Facebook tadi. Itulah kenapa diawal penulis meminta prosesnya dilakukan di HP yang selalu dipakai akses akun tsbt.

Tap "Facebook".

14. Aplikasi Facebook akan terbuka. Tap nama akunmu.

Admin: Bisa dilihat disini, akun penulis dalam keadaan log-out, tapi sepertinya data login cookies lama masih ada. Jadi masih terdeteksi di aplikasi tsbt.

Tap nama akun Facebook.

15. Disini saat nama di tap, akan diminta sandi. Namun kita masih belum dapat sandinya, jadi disini tap “Lupa Kata Sandi?”.

Tap "Lupa Kata Sandi?".

16. Sekali lagi, disini tap “Tidak punya akses ke sini lagi?”.

Tap "Tidak punya akses ke sini lagi?".

17. Disini Facebook meminta memasukkan alamat email yang bisa dihubungi. Masukkan alamat email kamu disini. Bisa alamat email lama sebelum diubah hacker, bisa juga alamat email baru.

Masukan alamat emailmu.

18. Berikut akan muncul permintaan salinan tanda pengenal. Baca dan pahami, lalu tap “Selanjutnya”.

Tap "Selanjutnya".

19. Selanjutnya kamu akan diminta mengambil foto, disini arahkan ke kartu Identitasmu lalu ambil foto dan kirim ke Facebook.

Kirim foto kartu identitas ke Facebook.

20. Selesai. Sekarang kamu hanya tinggal menunggu email dari Facebook.

Kalau kamu sudah menyelesaikan langkah-langkah di atas, maka kamu harus menunggu selama beberapa waktu hingga mendapatkan email dari Facebook.

Prosesnya bisa memakan waktu dari satu hari hingga lebih dari satu minggu. Selama itu, akun Facebook akan dikunci. Jadi kamu ataupun orang yang hack akun Facebookmu tidak bisa membukanya.

Nah, selama masa menunggu ini, kamu mungkin harus sering mengecek emailmu. Ini karena sekitar dua minggu setelah dikirim, email dari Facebook akan kadaluarsa sehingga link yang terdapat didalamnya tidak bisa digunakan.  

Berikut proses saat kamu menemukan email dari facebook.

1. Buka aplikasi email kamu di smartphone. Kemudian buka email dari Facebook. Jika kamu tidak menemukannya, tap icon “Hamburger” di kiri atas. Scroll ke bawah lalu tap “Semua email”. Dengan begitu, semua email yang masuk akan langsung terlihat. Jadi, langsung saja buka email dari Facebook.

2. Di email dari Facebook tsbt kamu akan menemukan dua cara untuk memulihkan akun Facebookmu. Di sini, saya menggunakan cara pertama, yaitu dengan membuka link yang terdapat di email tersebut.

Tap link yang terdapat di email.

3. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman “Amankan Akun Anda” seperti dibawah, scroll ke bawah dan “Tap Lanjutkan”.

Tap "Lanjutkan".

4. Berikutnya Masukkan kata sandi baru dan tap “Lanjutkan”. Kata sandi yang digunakan di sini harus benar-benar baru. Bukan kata sandi yang pernah digunakan sebelumnya (ingat kata sandi sebelumnya diketahui oleh hacker).

Masukan kata sandi baru.

5. Di halaman selanjutnya, Facebook akan menampilkan alamat email yang tertaut dengan akunmu. Tap alamat email hacker tsbt, lalu tap “Hapus”.

Hapus email.

6. Selanjutnya masukkan alamat emailmu, sekali lagi bisa email lama jika email tsbt tidak kena hack, namun jika email lama juga kena hack, masukkan email baru disini. Setelah itu, tap “Tambahkan”.

Masukan email baru.

7. Kamu akan diminta memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke email tsbt. Disini buka inbox email kamu, masukkan kode yang ada dalam pesan email tsbt ke kolom yang diminta. Supaya tidak mengganggu prosesnya, sebaiknya inbox email dibuka diperangkat lain.

8. Selanjutnya Facebook akan menampilkan sejumlah aplikasi baru yang sudah ditautkan ke akun Facebook. Jika kamu tidak merasa menambahkan aplikasi, maka kamu bisa tap aplikasi dan tap “Hapus”. Tapi jika aplikasi tersebut memang ditambahkan olehmu, kamu bisa langsung tap “Lewati”.

Artikel Lainnya :  Cara menonaktifkan pemberitahuan facebook di email

9. Setelah itu, Facebook juga akan menampilkan akun-akun yang baru ditambahkan sebagai teman. Sama seperti di atas. Tap akun, lalu tap “Hapus” atau “Hapus Semua”. Tapi jika akun tersebut ditambahkan olehmu, maka langsung saja tap “Lewati”.

10. Di halaman selanjutnya, Facebook pun akan menampilkan sejumlah postingan terbaru. Jika semua postingan tersebut merupakan status buatanmu, maka kamu bisa langsung tap “Lewati”. Tapi jika bukan dibuat olehmu, maka tap “status” dan lanjutkan dengan tap “Hapus”.

11. Selanjutnya, Facebook akan menampilkan komentar terbaru. Tap komentar yang dibuat oleh orang yang hack akun kamu, lalu scroll ke bawah dan tap “Hapus”. Tapi jika semua komentar dibuat olehmu, tap “Lewati”.

12. Terakhir, di halaman “Periksa Peran Halaman”, hapus akun-akun yang ditambahkan oleh orang yang hack akunmu ke halaman yang kamu kelola. Caranya, tap akun yang ingin kamu hapus. Setelah itu tap “Hapus”. Jika tidak ada akun yang ditambahkan, maka tap “Lewati”.

13. Proses untuk mengamankan akun Facebook telah selesai. Selanjutnya, tinggal tap “Buka Kabar Beranda”.

Tap "Buka Kabar Beranda".

14. Aplikasi Facebook regular akan langsung terbuka. Di sana, tap nama akunmu.

Tap nama akun Facebookmu.

15. Masukkan kata sandi baru dan tap “Masuk”.  Dengan begitu, aplikasi Facebook pun akan langsung membuka kabar beranda.

Masukan kata sandi.

16. Selamat. Kamu berhasil mengembalikan akun Facebookmu.

Pada langkah pengamanan di atas, ada pilihan untuk menghapus status-status Facebook yang dibuat oleh orang yang menghack akunmu. Menurut istri saya, meski sudah menghapus status tersebut melalui cara di atas, ternyata statusnya masih tetap ada. Jadi, setelah dapat masuk kembali ke Facebook, coba lihat profilmu dan periksa apakah masih ada status baru yang belum dihapus. Jika ada, hapus status tersebut secara manual.

Admin: Sampai disini selesai tulisannya mas alvin.

Ohya, jika kamu punya pengalaman berhasil menggunakan metode ini, bisa kirimkan pengalaman kamu di grup FB bukugue. Nanti aku akan gunakan pengalaman kamu untuk tambahan ditulisan ini. Aku akan beri kamu insentif uang atau pulsa senilai Rp50.000 sampai Rp200.000.

Langkah yang perlu dilakukan setelah mendapatkan kembali akun Facebookmu

Biasanya setelah berhasil mendapatkan sandi baru, Facebook akan bantu kamu untuk peninjauan akun. Pastikan untuk mengikuti prosesnya dengan benar, dan tidak terburu-buru.

Selain itu, jangan lupa cek hal lain, termasuk informasi mengenai dirimu. Siapa tahu ada yang telah diubah.

Pastikan juga nomor HP, email, kontak terpercaya, dan opsi login lainnya sudah tidak ada yang milik hacker tsbt.

Selain itu langsung aktifkan fitur verifikasi dua langkah di akun Facebook tsbt. Setidaknya aktifkan selama beberapa bulan kedepan, hingga kamu paham seluk beluk keamanan Facebook. Ini untuk mencegah hacker tadi mencoba merebut kembali akses ke akunmu.

Bagaimana kalau masih gagal setelah cobain semuanya

Kalau masih gagal, kamu bisa meminta facebook untuk memblokir/menghapus akun tersebut dengan meminta teman-teman Facebook kamu untuk melaporkan akun kamu tsbt ke pihak Facebook.

Dengan begitu si hacker tidak akan bisa mengakses akunmu lagi untuk hal-hal yang bisa merugikan kamu. Aku tau, mungkin ini bukan jawaban yang kamu mau, tapi ini hal terakhir yang bisa kamu lakukan agar akun facebookmu tidak disalahgunakan.

Kamu bisa baca mengenai hal tersebut dilaman ini : Cara hapus permanen akun facebook yang di Hacked (dijelaskan dengan detail).

Kalau kamu memutuskan untuk menghapus akun facebook kamu, maka langkah selanjutnya adalah membuat akun facebook baru dan  mencari teman lama kamu di facebook, lalu add semuanya lagi. Ribet memang, tapi ini alternatif terakhir jika kamu memang tidak bisa mengambil alih akunmu dari hacker tadi.


Itulah cara-cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan akun Facebook kamu yang dihack atau dibajak. Tidak mudah memang, tapi hanya itu metode yang tersedia untuk saat ini.

Mungkin dimasa depan, jika support Facebook bisa seperti CS di bank, kita bisa proses hal ini dengan video call ke CS tsbt. Tapi sayangnya, pihak support Facebook cukup terbatas, dan pengguna Facebook sangat banyak jumlahnya, sehingga mereka hanya bisa bantu terkait masalah kritis, itupun respon dari mereka bisa pending hingga berhari-hari.


Sekian untuk artikel kali ini. Jika ada salah kurang, aku mohon maaf. Tulisan ini dibuat berdasarkan akumulasi pengetahuanku terkait topik ini. Jika ada yang kurang, mohon sarannya.

107 pemikiran pada “Cara mengembalikan akun Facebook yang di Hack (Panduan Lengkap)”

  1. Kak, apa bisa akun fb saya kembali, soalnya aku itu sudah ditutup oleh pihak Facebook, dikarenakan akun saya itu dihack jadi saya minta temen² saya buat laporin akun itu. Tolong bantu kak soalnya disitu ada game ff penting bagi saya, banyak uang yg saya habiskan🥺tolong bantu saya kak🙏

    Balas
    • cara laporin biar di tutup gmana mas….
      akun saya yang dah kena hack dah saya laporin..tp sampai ckrg bloem jg d tutup…itu butuh berapa hari baru bisa d tutup oleh pihak fb..?????

    • ga pasti mas.. kita cuma bisa laporin dan minta teman2 untuk laporin sebanyaknya.. tapi ga ada jaminan pasti ditutup..pihak fb akan tinjau akun yang dilaporin, dan jika mereka merasa tidak ada yang salah dgn akunnya, biasanya tidak akan ditutup..

Tinggalkan komentar