Lupa Kata Sandi Facebook kamu? Ini solusinya

Mengatasi masalah lupa kata sandi facebook itu mudah, tapi disatu sisi banyak kendala yang bisa membuat proses-nya jadi sulit. Disini aku akan membahas bagaimana proses membuka akun facebook yang lupa sandinya, se-simpel mungkin.

Aku tidak akan bicara panjang lebar disini, aku harap teman-teman tidak skip-skip pembahasannya, karena nanti malah membuat bingung.

Langsung saja, kita masuk ke pembahasan pertama.

Ohya, sebelumnya pastikan juga bahwa akun kamu itu benar-benar lupa sandi, bukan kena hack orang. Kalau akun kamu di hack, biasanya si-hacker akan mengubah sandi, no hp dan email pemulihan, jadi bahasannya agak sedikit berbeda. Kamu bisa baca terkait hal ini dihalaman bukugue.com/kembalikan-akun-fb-yang-di-hack

Bisakah kita melihat password facebook yang tersimpan atau pernah digunakan sebelumnya?

Aku lihat ada sebagian pengguna yang berusaha mencari kata sandi facebook yang pernah mereka pakai di HP atau komputer.

Dan ini bisa dilakukan memang. Cuma ada syaratnya.

Simpelnya, kamu hanya bisa melihat password facebookmu jika kamu mengakses facebook lewat browser, buat yang belum tau, browser itu contohnya adalah chrome, mozilla, uc, opera mini, dll.

Jika kamu menyimpan password di aplikasi Facebook seperti Facebook Lite atau Facebook reguler, kamu tidak bisa melihat password tsbt, karena fitur ini hanya untuk membantu memudahkan login saja, dan sejauh yang aku tau, passwordnya tidak bisa dilihat sama sekali.

Nah, buat kamu yang merasa pernah login di browser, kamu bisa cek password tersimpan tadi dibagian pengaturan browser. Di blog ini sudah dibahas lebih detail bagaimana cara melakukannya di tulisan bukugue.com/cara-cek-password-yang-tersimpan-di-browser

Jika memang tidak ada password yang tersimpan, kamu bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mendapatkan password baru.

Persiapan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan password baru.

Untuk login ke akun facebook yang passwordnya lupa, kamu perlu melalui proses verifikasi untuk mendapatkan password baru.

Nah, sebelum masuk ke proses intinya, ada sedikit persiapan yang perlu kamu lakukan. Disini kamu perlu menyiapkan perangkat seperti ponsel atau komputer yang sebelumnya pernah dipakai login ke akun facebook tsbt.

Kenapa? karena hal ini disarankan dihalaman Pusat Bantuan Facebook. Ini aku tandai dalam kotak warna merah sarannya.

saran di pusat bantuan facebook
saran di pusat bantuan facebook

Selain itu aku sarankan juga kamu untuk pakai jaringan internet atau wifi yang biasa digunakan untuk akses akun tsbt, sekaligus melakukan proses pemulihan akun di lokasi yang biasa kamu gunakan untuk akses akun tsbt (misalnya rumah, kampus, sekolah, tempat kerja.. bukan warnet). Ini bisa membantu system facebook untuk mengetahui bahwa kamu adalah pemilih sah akun.

Langkah-langkah membuka akun facebook yang lupa sandi (cara pertama)

Di cara pertama, aku akan jelaskan proses reset sandi facebook dengan menggunakan nomor HP. Jadi disini kamu perlu nomor HP yang terkait dengan akun facebook tadi.

Bagaimana jika nomor HP-nya sudah tidak aktif? Ada beberapa solusi disini, kamu bisa cobain cara kedua, ketiga, dstnya nanti.

Solusi lainnya adalah mencoba mendapatkan kembali nomor HP tsbt. Misalnya jika nomor HP hilang, ini bisa di urus ke service center supaya dicetak kartu SIM dengan nomor yang sama. Hal ini bisa dilakukan, prosesnya tidak ribet, cukup bawa KTP ke service center provider yang kamu gunakan. Cuma memang syaratnya kartunya belum terlalu lama hilangnya.

Jika sudah ada nomor HP-nya, selanjutnya kamu tinggal ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Pertama, buka laman facebook.com/login/identify, masukkan nomor HP kamu dikolom yang tersedia. Lalu tap tombol “Cari”.

2. Selanjutnya kamu akan ditanyakan kata sandi, langsung saja tap “Coba cara lain”.

skip saat diminta sandi

3. Selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman “Pilih cara untuk login” seperti dibawah ini. Disini pilih menu “Kirim kode melalui SMS”. lalu tap “Selanjutnya”.

Pilih menu "kirim kode melalui SMS" lalu tekan tombol "Selanjutnya"
.

4. Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman pengisian kode 6 digit seperti dibawah. Disini kamu tunggu SMS beri kode dari Facebook, setelah dapat SMS-nya, ketikkan kode ke kolom yang tersedia. Setelah itu tap “selanjutnya.

5. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan kata sandi baru. Ketik kata sandinya, lalu tap “selanjutnya”.

6. Selesai. Sampai disini sebenarnya proses reset sandi akun facebook tsbt sudah kelar, tapi biasanya ada sedikit pengaturan tambahan yang akan ditanyakan facebook. Disini dihalaman pertama aku pilih “Tetap masuk”, lalu pilih lanjutkan. Dilaman kedua, aku pilih “OK”.

7. Terakhir kamu akan dibawa ke halaman beranda. DIsini kamu sudah langsung dalam keadaan login.

Selanjutnya kita akan bahas proses reset sandi dengan email pemulihan, prosesnya sebenarnya tidak jauh berbeda, tapi tetap akan aku jelaskan detail dari awal biar tidak rancu.

Membuka akun facebook yang lupa sandi dengan email pemulihan (cara kedua)

Disini syarat utamanya sudah jelas ya, kamu wajib punya akses ke akun email pemulihannya, karena kode verifikasi 6 angkanya akan dikirim ke kotak masuk email kamu.

Lalu bagaimana jika kamu lupa email-nya atau lupa password emailnya?

Solusinya cuma satu, yaitu bagaimanapun caranya, kamu wajib mendapatkan email dan password email tsbt. Ada banyak pembahasan terkait ini di Internet, di blog bukugue sendiri ada beberapa pembahasan misalnya di laman lupa password email outlook dan lupa password email gmail dan disini Lupa sandi email yahoo.

Jika kamu sudah punya akses ke akun email kamu, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Sama seperti di cara pertama, masuk ke halaman facebook.com/login/identify. Disini kamu akan diminta memasukkan nomor ponsel, tap link “Cari berdasarkan email atau nama Anda”.

tap "cari berdasarkan email atau nama anda"

2. Selanjutnya kamu bisa mencari dengan email atau nama kamu, tapi disini aku “wajibkan” kamu untuk mencari dengan email. Setelah mengisikan email dikolom yang tersedia, tekan tombol “Cari”.

3. Selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman “Pilih Cara untuk Login” seperti dibawah ini. Disini pilih “Kirim kode melalui email”, lalu tekan tombol “Selanjutnya”.

4. Dihalaman berikutnya kamu akan menemukan penjelasan bahwa facebook mengirimkan kode ke email kamu, dan kamu diminta memasukkan kode 6 digit tsbt ke kolom yang tersedia.

5. Abaikan dulu laman sebelumnya tadi, selanjutnya kamu buka dulu inbox email kamu, dan cari pesan dari facebook, seharusnya pesannya ada di posisi paling atas. Catat kode 6 angka tsbt.

6. Masukkan kode yang kamu dapat dari email tadi ke kolom yang tersedia di facebook, lalu tap tombol “Selanjutnya”.

7. Kamu akan diminta mengisi kata sandi baru. Jika sudah tap tombol “Berikutnya”.

8. Selesai. Biasanya kamu akan langsung dibawa ke beranda seperti dibawah. Jika ada pilihan lain, misalnya permintaan terkait pengamanan akun, ikuti aja atau bisa juga di skip-skip.

Membuka akun Facebook dengan bantuan kontak terpercaya (cara ketiga)

Ini bisa dibilang salah satu alternatif untuk mengatasi lupa sandi tanpa email ataupun nomor HP.

Disini prosesnya kamu perlu menghubungi tiga orang teman-mu yang terdaftar sebagai kontak terpercaya untuk dimintai bantuan.

Syaratnya adalah kamu sudah pernah mengatur 3-5 orang teman kamu sebagai kontak terpercaya sebelumnya. Jika belum, maka kamu tidak bisa pakai cara ini.

Untuk prosesnya cukup panjang, jadi tidak akan aku jelaskan ditulisan ini. Kamu bisa baca terkait proses pemulihan dengan kontak terpercaya ini dihalaman bukugue.com/cara-memulihkan-akun-facebook-melalui-teman-kontak-terpercaya

Membuka akun Facebook lewat verifikasi kartu identitas (cara keempat)

Jika kamu tidak pernah setting kontak terpercaya, nomor HP sudah tidak aktif lagi, dan email juga tidak bisa diakses, maka cara keempat ini mungkin bisa jadi solusi.

Cara ini pernah aku coba, tapi tidak sempat aku dokumentasikan. Untungnya salah satu penulisku pernah menulis terkait hal ini.

Cara ini cuma bisa dipakai satu kali, artinya setelah berhasil verifikasi dengan kartu identitas seperti KTP, aku tidak bisa mengulanginya lagi. Jadi sulit untukku testing berkali2 seperti cara2 yang sebelumnya dijelaskan diatas.

Untuk proses detailnya penulisku sudah bahas dihalaman bukugue.com/cara-mengembalikan-akun-facebook-yang-dihack-dibajak-versi-2. Pembahasannya terkait akun facebook yang kena hack, tapi tetap bisa diterapkan untuk kasus ini, karena kondisinya sama. Ketika akun kena hack, seluruh akses di hapus oleh hacker, jadi disana mereka tidak punya akses ke nomor HP, email, dan kontak terpercayanya.

Yang jadi catatan adalah, proses ini merupakan proses verifikasi manual. Jadi ada pihak support facebook yang akan cek foto KTP yang kita upload. Akibatnya adalah prosesnya bisa lama, bisa sampai lebih dari seminggu.

Membuka akun Facebook lewat kontak help (cara kelima)

Ini aku belum sempat testing, rencananya nanti mau pinjam akun adikku buat testing. Buat yang ingin coba-coba sendiri, bisa coba langsung lewat halaman ini https://www.facebook.com/help/contact/487444654660670

Setelah coba nanti akan aku update lagi insyaallah. Selain itu aku juga minta buat teman-teman yang sudah coba untuk kasih testimoninya dibawah.

Bisakah meng-hack Facebook yang lupa sandi dengan bantuan jasa hack di Internet?

Ini juga pernah ditanyakan oleh pengunjung, waktu itu dia minta aku untuk hack akunnya yang lupa password.

Aku liat di internet juga banyak jasa hack akun sosmed, ada yang murah ada juga yang mahal. Yang jadi pertanyaan, apakah bisa berhasil? iya kan?

Jangan sampai udah keluar uang, dan udah berharap, tapi ternyata uang hilang dan tidak ada kabar dari si hacker.

Nah, disini aku akan coba jawab pertanyaannya. Aku sendiri bukan hacker, aku cuma paham segelintir banget masalah hacking, tapi kalau diminta nge-hack sembarang orang di internet, aku yakin aku bisa melakukannya.

Teknik hacking ada banyak, salah satunya adalah phising, teknik hacking satu ini modalnya adalah pemahaman terkait pembuatan situs untuk phising-nya, dan ini aku bisa lakukan.

Ok balik lagi ke pertanyaan awal. Kalau ditanya apakah akun facebook yang lupa password bisa dihack lewat jasa hacking, aku rasa ini tidak bisa dilakukan.

Ini karena metode hacking yang ada, itu tidak bisa menembus system keamanan facebook. Jadi metode hacking yang aku tau itu memanfaatkan kelalaian pengguna, atau yang lebih canggih lagi misalnya sampai men-intercept kode yang diterima lewat SMS. Sekali lagi, fokus hacking itu ke penggunanya, entah mereka kena phising dan passwordnya didapatkan hacker, atau passwordnya ditebak hacker, atau cookie loginnya kena hijack, dll. Itu fokusnya ke pengguna Facebooknya, bukan ke system facebooknya.

Jadi jika kamu sendiri tidak bisa login ke akun kamu, hacker tidak bisa apa-apa. Aku harap bisa dipahami sampai disini.

Aku tidak bilang system facebook itu benar-benar tanpa celah (bug). Tapi jika pun ada celahnya, hacker tidak akan gunakan celah tsbt untuk jual jasa hacking yang harganya 100ribu-200ribu. Ini karena “celah” tadi bisa dilaporkan ke facebook lewat system bug-bounty, dimana facebook memberikan reward (hingga ratusan juta rupiah) untuk hacker yang membantu facebook menemukan celah di systemnya.

Jadi kalau si hackernya nawarin 200ribu misalnya, tidak mungkin dia tau celah facebook, karena lebih baik dia langsung laporin celahnya dan dapat hadiah dari facebook, ini karena celah yang dia dapat, bisa saja ditutup sewaktu-waktu, jadi lebih “worth” untuk dilaporkan. Beda cerita kalau si-hacker pasang tarif misalnya 10juta, tapi ya kalau udah segini, aku rasa ga banyak orang yang mau pakai jasa dia.

Well, mungkin aku akan testing sih kedepannya, akan aku coba bayar hacker untuk hack akun fb ku misalnya. Tapi tentu budgetnya yang ga terlalu besar. Kalau dia bisa ambil, nanti aku cerita lagi disini.


Cukup panjang ya.

Tulisan ini udah melewati entah berapa kali revisi sejak beberapa tahun yang lalu. Ada banyak yang terbantu, tapi banyak juga teman-teman lain yang masih gagal mendapatkan akunnya.

Untuk yang gagal, aku hanya bisa bilang “maaf”. Aku sudah berusaha banget untuk menjelaskan semua aspek terkait masalah lupa sandi ini. Kedepannya aku akan terus maintain dan update tulisan ini.

Untuk teman-teman yang berhasil, dimohon banget untuk meninggalkan tips serta wejangannya, mungkin ada yang terlupakan atau aku belum tau, biar bisa aku tambahkan prosesnya ketulisan diatas.

131 pemikiran pada “Lupa Kata Sandi Facebook kamu? Ini solusinya”

    • 1. buka inbox email mas, cari email dari facebook, biasanya paling atas karena email yang baru diterima selalu posisinya diatas..
      2. buka email dari facebook tsbt.
      3. ambil kodenya dari dalam email tsbt..

      aku ga bisa bikin lebih jelas lagi, itu udh cukup jelas harusnya..

  1. Ka fb saya di bajak orang dan di tambahkan nomor telepon lain gimana cara ng mbaliin lagi Nomor saya masih aktif dan ketika saya memulihkan lewat crome dan kirim kode sms ke nomor saya gak masuk kodenya tolong saya..

    (sensor) Wa saya…😭

    Balas
  2. Fb saya gk bisa masuk. Sperti d hack orng gmn y caraya.. Mau minta riset paswood tp nomor tlpon saya sdah mati. Gimna caraya mohon bantuannya. Saya binggung

    Balas
  3. Maaf admin saya minta tolong saya tidak bisa masul ke akun facebook saya sepertinya ada yg mengubah sandi
    #krismawanmuthowali

    Balas
    • Tolong bantuin aku bang fb
      Ku mohamad.ardika.7 karena sandi lupa bang lewat wa saya nih (sensor) kalau bisa makasih bang

    • ga gitu cara kerjanya mas..

      kalau bisa diwakilkan untuk dapetin kata sandi orang, aku bisa aja ambil akun artis ataupun pejabat.. dan kenyataannya ga bisa mas… ada yang nama system verifikasi, jadi kalau ga lolos verifikasi, ga bakal dapet sandinya…

      dan diatas udh dijelasin mengenai hal ini, ada beberapa metode yang bisa dicoba…

  4. tolong dong min bantu saya masuk ke akun fb yang lupa password, email, nomer hp yang udah ga aktif lagiii, mohon dibantu 🙏🏻

    Balas
  5. siang bang…mohon bantuan nya…
    account fb saya, seperti nya ada yang ganti kata sandi nya. setelah pilih lupa pass. saya mau kirim kode verification ke nomer yg sudah saya tambahkan..tapi nomer tsb tiba2 tidak ada lagi. sedangkan pass email juga lupa🙏🏻.
    padahal 1 bulan sebelum nya saya udah gunakan code generator verification

    Balas
    • mas udh pake fitur verifikasi dua langkah di facebook? yakin?

      harusnya kalau udh ada fitur ini, hacker ga akan bisa masuk ke akun mas walaupun mereka tau passwordnya.. kecuali mas kasihin kode verifikasi tsbt ke orang tsbt, atau ada yang bisa akses/pinjam/pakai ponsel mas untuk dapetin kode verifikasi dua langkahnya..

      coba inget2 lagi, mungkin bisa ketahuan siapa yang ambil akunnya..

      kalau tau, bisa coba minta.. atau ancam laporkan polisi..karena hacking dan pembajakan akun sudah bisa dilaporkan berdasarkan undang2 kita saat ini..

Tinggalkan komentar