Cara mengatasi lupa password Tokopedia (untuk pemula)

Buat kalian yang mungkin pernah membeli barang di tokopedia, tapi setelah itu tidak pernah lagi login ke akun toped kalian, maka besar kemungkinan kalian akan lupa password akun tsbt.

Beda dengan yang aktif berjual-beli di toped, setiap hari login ke akun mereka, mereka biasanya akan hafal passwordnya atau mungkin menyimpan passwordnya di browser mereka.

Nah buat teman-teman yang lupa password tokopedia, solusinya adalah dengan mereset password akun tsbt.

Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara melakukannya.

Cara reset password tokopedia yang lupa dengan email

Sebelum kita masuk ke pembahasan, untuk mereset password tokopedia, kita akan butuh akses ke inbox email yang digunakan saat membuat akun tokopedia. Jadi pastikan kalian bisa login ke akun email tsbt.

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

1. Disini kita akan gunakan aplikasi toped. Pastikan kalian sudah menginstall-nya diponsel kalian. Jika belum, install dulu https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tokopedia.tkpd&hl=en

2. Jika sudah, masuk ke aplikasi tokopedia, untuk login pilih tab “akun” dibagian kanan bawah

Masuk ke Tokopedia

2. Masukkan email kalian, lalu pilih selanjutnya

masukkan email kalian

3. Dihalaman ini, pilih link “Lupa kata sandi?”

Tap Lupa Sandi

4. Selanjutnya, pastikan alamat email kalian sudah benar, setelah itu tap “Ganti kata sandi”

Tap Ganti Kata Sandi

5. Kalian akan diminta untuk mengecek email kalian, karena tokopedia akan mengirimkan pesan email terkait dengan reset password ini.

Cek Email Verifikasi

6. Tutup aplikasi tokopedia tadi, lalu buka inbox email kalian. Setelah itu cari pesan email dari tokopedia, lalu buka pesan email tsbt. Berikut tampilan email pengaturan ulang kata sandi dari tokopedia. Tap tombol “Ganti kata sandi tokopedia”

Email dari Tokopedia

7. Setelah kalian tap tombol “Ganti kata sandi di tokopedia” tadi, kalian akan di redirect ke halaman berikut ini secara otomatis. Disini masukkan kata sandi baru untuk akun toped kalian. Setelah di isi, tap “Ubah kata sandi”

8. Jika sudah mengatur ulang kata sandi, kalian bisa langsung masuk ke tokopedia seperti biasa dengan email dan password yang baru kalian buat tadi.

Login Tokopedia

9. Setelah login, kalian diminta verifikasi seperti dibawah ini. Pilih metode verifikasi, untuk bisa lanjut masuk ke akun kalian.

Verifikasi Login

10. Selanjutnya kalian akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi. Jika kalian memilih SMS, maka kode verifikasi akan masuk ke SMS, namun jika kalian pilih Whatsapp maka kode akan masuk ke Whatsapp.

Disini kita pilih SMS sebagai contoh, jadi ambil kodenya di SMS, lalu balik ke aplikasi tokopedia tadi dan masukkan kode verifikasinya, lalu tap tombol “Verifikasi.

11. Setelah berhasil kalian akan masuk ke tokopedia seperti biasa.

Sampai disini prosesnya selesai. Agak panjang memang, tapi dengan begini kalian sudah dapat password baru, dan kedepannya tinggal login dengan password baru.

Login tokopedia tanpa password

Ini sebenarnya alternatif cepat untuk login ke tokopedia ketika lupa password. Jadi kalian abaikan saja password yang lupa tsbt, lalu login tanpa password.

Berikut caranya.

1. Diaplikasi tokopedia, masuk ke tab “akun” untuk login.

Masuk ke Tokopedia

2. Setelah itu dihalaman login, kalian masukkan nomor HP yang terkait dengan akun tsbt. Jangan masukkan email.

3. Kalian akan langsung masuk ke halaman verifikasi seperti dibawah ini. Pilih dan tap menu “Melalui SMS ke”

4. Setelah itu tokopedia akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor kita tadi melalui SMS. Cek SMS dan isikan kodenya.

5. Selesai, dan kalian langsung sudah berada di akun tokopedia kalian.

Kelebihan dari cara ini adalah langkah-langkahnya lebih sedikit, jadi lebih cepat. Kekurangannya ya itu tadi, kalian masih saja lupa password kalian, dan tiap kali kalian akan login, perlu verifikasi lewat nomor HP seperti diatas, kecuali kalian reset dan dapatkan password baru.


Akun tokopedia merupakan akun yang sangat penting. Oleh karena itu sebaiknya kalian jaga akun kalian agar tidak jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

Jadi pastikan untuk menggunakan password yang kuat dan tidak mudah ditebak.


Mungkin sampan disini dulu pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan bisa kirimkan dikolom komentar dibawha ini.

Tinggalkan komentar