Cara membuat polling di WhatsApp

WhatsApp memang aplikasi chatting yang banyak di gunakan saat ini. Di WhatsApp sendiri terdapat banyak sekali fitur yang bisa kita nikmati saat ini. Salah satunya adalah fitur grup chat.

Namun sayangnya WhatsApp belum memiliki fitur polling yang biasanya selalu ada di aplikasi chatting lain yang menyediakan fitur grup chat di dalamnya. Di Line misalnya ada fitur polling, begitu juga di Telegram.

Namun tidak usah khawatir meskipun WhatsApp tidak memiliki fitur polling, kita tetap bisa mengirimkan polling di WhatsApp dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang bisa kita unduh di play store.

Membuat polling di WhatsApp dengan aplikasi Voliz

Untuk membuat polling di whatsapp kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang bisa kita download secara gratis di playstore. Untuk aplikasinya, bisa kalian cari di play store sendiri dengan keyword “voliz – poll on whatsapp” atau langsung klik link ini play.google.com/store/apps/details?id=com.voliz

Jika sudah berhasil mengistall aplikasinya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi “Voliz – Poll on WhatsApp” yang ada di ponsel kalian. Untuk tampilan awalnya seperti gambar di bawah ini. Kalian bisa swipe ke samping hingga titik akhir, lalu kalian akan melihat tombol “Continue“, tap tombolnya.

2. Setelah itu kalian akan diminta memasukkan nomor telepon kalian yang aktif untuk menerima nomor konfirmasi pengaktifan aplikasi. Jika sudah kalian klik send OTP.

3. Jika kalian sudah menerima SMS-nya, silahkan cek kode 6 digitnya dan masukkan ke kolom yang tersedia. Setelah itu tap tombol “Verify“.

Artikel Lainnya :  Cara mudah sembunyikan pesan WhatsApp kamu

4. Jika sudah, kalian akan dibawa ke beranda aplikasinya seperti gambar di bawah ini. Untuk membuat polling, silahkan kalian tap icon plus yang ada di tengah bagian bawah.

klik icon plus

5. Setelah itu silahkan kalian isikan pertanyaan yang ingin kalian ajukan. Lalu tap “add option” untuk menambahkan pilihan jawabannya.

buat pertanyaan dan klik add option

6. Setelah itu di bagian kolom add option, silahkan kalian isikan dengan jawaban dari pertanyaan kalian. Jika sudah, silahkan tap “Continue“.

7. Sampai disini poll sudah dibuat, tapi belum di bagikan ke WhatsApp. Untuk membagikannya ke WhatsApp, tap “ikon share yang berlogo WhatsApp” seperti pada gambar.

klik icon share

8. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman pemilihan di WhatsApp kalian. Pilih salah satu kontak atau grup WhatsApp kalian, lalu kalian tap “ikon panah” untuk mengirim.

klik icon panah

9. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman chat WhatsApp kalian seperti dibawah, tap “Ikon pesawat” untuk mengirimkan poll-nya. Jangan di edit-edit isi chatnya, biar tidak ada yang salah.

klik kirim

10. Berikut tampilan polling tsbt. Kalian tinggal tunggu orang-orang yang melihat poll tsbt untuk memilih poll-nya. Mereka perlu mengklik salah satu link dibawah tiap-tiap pilihan poll yang ada.

hasil polling yang di buat

11.Selesai.

Jika poll-nya sudah tidak perlu lagi, kalian bisa non-aktifkan pollnya di aplikasi voliz tadi. Kalian juga bisa lihat statistik hasil poll di dalam aplikasi tadi.

Tambahan: Cara melihat hasil, menonaktifkan, atau menghapus poll

Kalian bisa melihat hasil polling yang kalian kirimkan, bukan hanya itu kalian juga bisa menonaktifkan polling atau bahkan menghapus polling yang sudah kalian buat tadi.

Buka aplikasi “Voliz – Poll on WhatsApp” di smartphone kalian. Setelah berada di halaman utama aplikasi, kalian bisa tap poll yang kalian buat tadi.

klik polling yang di buat

Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman rincian polling, disini ada hasil polling yang sudah kalian bagikan tadi.

hasil polling yang di bagikan

Untuk menonaktifkan poll tsbt, silahkan kalian masuk ke menu ‘setting” lalu kalian tap tombol navigasi untuk menonaktifkanya.

masuk ke menu setting dan nonaktifkan navigasinya

Sedangkan untuk menghapusnya, buka menu setting, lalu pilih menu “Delete poll”. Setelah itu di kotak konfirmasi, kalian tap “Delete”.

Artikel Lainnya :  Apa sih WhatsApp Mod itu?

Mungkin sampai disini dulu bahasan kali ini. Kalian bisa mengikuti langkah di atas untuk membuat polling di WhatsApp kalian.

Sampai jumpa lagi ditulisan-tulisan berikutnya. Thanks.

Tinggalkan komentar