Bisakah mengubah nama dan alamat email gmail?

Kalau kalian sampai di halaman ini karena ingin mengubah nama ataupun alamat email gmail, maka kalian sampai dihalaman yang tepat, karena disini akan dibahas detail mengenai hal tersebut.

Sebelum kita mulai, ada hal yang perlu diperjelas dulu.

Disini kalian itu ingin mengubah nama pemilik akun gmail atau alamat email gmailnya? Ini penting, karena “nama pemilik akun” bisa diubah tapi “alamat email gmailnya” tidak bisa diubah.

Berikut kutipan dari laman support terkait hal ini.

Jika alamat email akun diakhiri dengan @gmail.com, biasanya Anda tidak dapat mengubahnya.

https://support.google.com/accounts/answer/19870?hl=id

Alamat email seperti “namakamu@gmail.com” ini tidak bisa diubah menjadi “namabaru@gmail.com”. Intinya alamat email gmail tidak bisa diubah sama sekali.

Analogi simpelnya, seperti nomor HP, setelah di beli dan dapat nomer tertentu, nomornya tidak bisa diubah (kecuali beli nomer baru). Paham lah ya?

Alternatif untuk mengubah alamat email gmail

Seperti yang dijelaskan dihalaman https://support.google.com/accounts/answer/19870?hl=id ini, alamat email gmail tidak bisa diubah. Tapi disana juga dijelaskan alternatifnya, salah satunya yaitu membuat akun gmail baru.

Sama seperti analogi nomer HP tadi, nomer HP memang tidak bisa di ubah, tapi kita bisa beli nomer HP baru kalau tidak suka dengan nomer HP lama. Prinsipnya sama, jika tidak suka alamat email lama, tingga buat alamat email gmail baru.

Setelah alamat email baru selesai, kalian bisa hapus alamat email lama yang sudah tidak diperlukan tsbt. Jika kalian tertarik, baca dua halaman dibawah ini.

Pastikan jika kalian ingin menghapus akun gmail lama, tidak ada sosmed atau akun lain yang terkait ke gmail lama tsbt. Jadi jangan sampai saat akun gmail lama dihapus, akun gmail tsbt masih terdaftar di facebook atau twitter kalian.

Sebelum menghapus akun gmail tsbt, kalian sudah harus mengganti email lama tsbt dengan email baru di pengaturan sosmed dan akun kalian lainnya.

Jadi sekali lagi, alamat email memang tidak bisa diubah, tapi kita diperbolehkan untuk membuat alamat email baru sesuai dengan yang kita mau.

Mengubah nama pemilik akun gmail

Seperti yang sudah disinggung diawal, nama akun gmail bisa diubah. Untuk mengubahnya, kalian perlu mengakses pengaturan akun google kalian.

Mungkin masih ada yang belum tau, akun google itu merupakan induk akun, sedangkan akun gmail merupakan bagian dari akun google. Sama seperti youtube, blogger, google play games dan produk google lainnya, merupakan bagian dari google.

Nah penting untuk diketahui, ketika mengubah nama pemilik akun google, nama kalian di youtube dan layanan google lainnya juga akan ikut berubah.

Ok, langsung saja, berikut ini langkah-langkahnya.

1. Masuk ke halaman ini https://myaccount.google.com/ , jika diminta login, login aja dulu. Jika sudah login, seharusnya akan kelihatan halaman seperti dibawah ini. Disini kalian pilih saja “Info pribadi”.

masuk info pribadi

2. Di halaman menu info pribadi ini akan muncul biodata kalian, seperti nama, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Disini kalian tap bagian nama kalian.

klik untuk mengubah nama

3. Karena data diri merupakan hal penting, kalian biasanya akan diminta untuk memverifikasi diri kalian dulu. Disini google ingin memastikan bahwa yang mau merubah nama tsbt adalah benar-benar kalian atau bukan. Tap saja tombol “Kirim”.

kirim kode verifikasi

4. Cek SMS kalian. Catat atau copy kode 6 angka yang dikirimkan google ke nomer HP kalian tsbt. Selanjutnya, kalian masukkan kodenya ke kolom verifikasi seperti dibawah. Jika sudah, tekan enter atau tombol kirim.

masukan kodenya lalu klik selanjutnya

5. Setelah berhasil verifikasi, barulah kalian dibawa kehalaman pengaturan nama seperti dibawah ini. Untuk mengubahnya, kalian tekan saja “ikon pensil” yang ada di samping nama.

masukan kodenya lalu klik selanjutnya

6. Dihalaman ini kalian bisa mengubah nama depan dan nama belakang sesuai keinginan kalian. Jika sudah, tekan tombol “Selesai”.

jika sudah klik selesai

7. Setelah kalian klik tombol “selesai” dihalaman sebelumnya, maka nama akun google kalian seharusnya sudah berhasil diganti.

8. Selesai.


Bagaimana, cukup mudah dipahami kan ?

Saya rasa cukup sampai disini pembahasan kali ini. Nama dan alamat email itu berbeda. Nama pemilik bisa diubah, tapi alamat email tidak. Namun begitu, diatas saya sudah berikan alternatif jika memang tetap ingin punya alamat email dengan alamat yang baru.

Jika kalian ada saran ataupun alternatif lain yang patut dicoba, mohon untuk bersedia menambahkannya dikolom komentar.

Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar