Apa itu notifikasi pop-up di Whatsapp?

Saat kalian mengutak-atik pengaturan di whatsapp, kalian mungkin menemukan banyak menu pengaturan.

Ada menu yang fungsinya jelas, misalnya menu pengaturan nada dering, ini jelas fungsinya untuk mengatur nada dering untuk pesan atau panggilan masuk. Nah, ada juga yang mungkin sedikit sulit dimengerti, mungkin karena kalian belum pernah cobain pengaturan tsbt, atau mungkin karena masih awam.

Salah satu contoh pengaturan tsbt adalah pengaturan notifikasi pop-up di whatsapp seperti dibawah ini.

Ini lah yang akan kita bahas dengan detail dipembahasan kali ini. Langsung saja, masuk ke pokok pembahasan dibawah ini.

Apa itu notifikasi pop-up di whatsapp?

Secara simpelnya, notifikasi pop-up di whatsapp adalah tampilan kotak chat yang otomatis muncul (saat ada pesan baru) yang menimpa seluruh aplikasi yang ada di layar ponsel kalian. Di kotak pop-up ini akan muncul isi pesan, sekaligus kolom untuk membalas pesan tanpa perlu membuka aplikasi whatsapp.

Berikut contohnya.

Berikut contohnya saat sedang main game onet.

Jadi bisa dilihat diatas, jika misalnya kalian sedang main game, kotak chat tsbt akan muncul diatas tampilan game kalian, kalian bisa langsung baca dan balas chatnya, tanpa perlu keluar dari game kalian. Sampai disini bisa dipahami kan ya?

Fungsi notifikasi pop up whatsapp

Fitur ini bisa di setting untuk chat perorangan atau bisa juga untuk chat group. Jadi jika kalian hanya butuh chat dari pesan saja untuk pop-up, kalian bisa atur hal tsbt.

Fungsi utama dari fitur notifikasi pop-up ini adalah untuk memaksa kalian melihat setiap pesan yang masuk saat itu juga, sehingga si pengirim tidak menunggu lama sebelum kalian membalas pesan tsbt.

Fitur ini memang tidak untuk semua orang, tapi untuk beberapa profesi tertentu, misalnya pemilik bisnis atau penjual, mereka biasanya menyediakan nomor whatsapp khusus untuk dipakai menerima komunikasi bisnis. Dengan fitur ini, mereka bisa merespon pertanyaan kostumer mereka lebih cepat.

Untuk pekerja kantoran yang saat ini kerja dari rumah misalnya (karena c*vid 19), kalian mungkin perlu aktifkan fitur ini mungkin supaya bisa respon cepat chat dari teman kerja kalian.

Fitur ini bagus, tapi bukan untuk semua orang. Jika kalian tidak perlu merespon cepat chat yang masuk, maka mengaktifkan fitur ini justru membuat hidup lebih runyam.

Cara mengaktifkan fitur notifikasi pop-up Whatsapp

Untuk mengaturnya fitur ini, kalian bisa ikuti proses dibawah ini.

1. Buka aplikasi Whatsapp kalian seperti biasa. Lalu buka menu “Setelan”.

2. Dihalaman pengaturan, masuk ke menu “Notifikasi”.

3. Kemudian kalian akan dibawa kehalaman pengaturan notifikasi seperti dibawah ini. Disini misalnya kalian akan mengaktifkan notifikasi pop-up untuk pesan chat saja. Maka tap menu “notifikasi pop-up” dibawah pengaturan notifikasi pesan.

Note: Jika kalian scroll kebawah dihalaman tsbt diatas, akan ada pengaturan notifikasi grup, dibagian notifikasi grup juga ada pengaturan untuk notifikasi pop-up ini. Jadi jangan sampai salah atur.

4. Setelah itu kalian akan dihadapkan ke beberapa pilihan pengaturan seperti dibawah. Disini pilih “Selalu tampilkan popup”

Jika kalian ingin pilihan yang lain, berikut penjelasan dari masing-masing pilihan, untuk mempermudah kalian memilih.

  • Pilihan pertama yaitu “Tidak ada popup”. Berarti notifikasi popup “Off” atau tidak dinyalakan.
  • Yang kedua adalah “Hanya ketika layar “hidup””Artinya kotak pop-up hanya akan muncul saat layar sedang menyala (biasanya saat kalian sedang pakai ponsel tsbt).
  • Lalu yang ketiga ialah “Hanya ketika layar “mati””. Artinya kotak pop-up hanya akan muncul saat layar sedang mati, jadi ketika layar hidup dan kalian sedang menggunakan ponsel, kotak ini tidak akan muncul.
  • Yang terakhir adalah “Selalu tampilkan popup”. Perintah yang terakhir ini, notifikasi pop up akan selalu muncul, baik saat layar hidup maupun mati.

5. Selesai. Saat ada pesan masuk, maka notifikasi pop-up seperti dibawah akan selalu muncul.


Sekian bahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan, bisa tambahkan dikolom komentar dibawah.

2 pemikiran pada “Apa itu notifikasi pop-up di Whatsapp?”

Tinggalkan komentar