Diblokir sementara saat pakai whatsapp mod? Ini cara mengatasinya

Belakangan ini, para pengguna WhatsApp mod geger. Hal ini dikarenakan muncul tulisan akun mereka telah diblokir sementara. Bingung? Itu sudah pasti. Apa yang harus dilakukan? Lanjut baca.

Dalam laman Pusat bantuan WhatsApp, pihak WhatsApp baru-baru ini mengunggah informasi akan memblokir akun para pengguna WA mod. Pihak WhatsApp beralasan penggunaan mod membuat akun pengguna tidak aman, karena dikembangkan oleh developer pihak ketiga.

Peringatan WhatsApp terhadap para pengguna WA mod.

Aku rasa yang sampai kelaman ini pasti sudah tau lah ya apa itu whatsapp mod. Gampangnya, aplikasi WhatsApp mod adalah aplikasi WA yang telah dimodifikasi pihak ketiga – seperti GBWhatsApp, WhatsApp Plus, YOWhatsApp, MIWhatsApp, dll.

Kebanyakan dari kita pakai whatsapp mod karena memang butuh fitur-fitur yang ga ada di aplikasi whatsapp official, seperti jika kamu tetap ingin online tapi terlihat offlinemenghilangkan centang dua dan selalu terlihat centang 1, atau misalnya fitur pesan yang tidak dapat dihapus pengirim (anti delete), dll. Ada banyak banget fitur wa mod yang memang ga akan bisa didapatkan di aplikasi resminya.

Sayangnya, dengan keputusan pihak whatsapp ini, yang jelas-jelas memberi penalti kepada pengguna whatsapp mod, membuat kita terpaksa meninggalkan semua fitur-fitur tsbt.

Admin: Aku sempat mengira kalau pemblokiran sementara karena masalah virus spyware di whatsapp baru-baru ini, namun berdasarkan tulisan dari penulis disini bukugue.com/masalah-terbaru-whatsapp, tampaknya asumsiku sebelumnya salah.

Jenis pemblokiran di whatsapp

Untuk saat ini, WhatsApp akan memberlakukan dua jenis pemblokiran yaitu pemblokiran sementara dan pemblokiran permanen. Berikut penjelasannya.

  • Pemblokiran sementara, itu berarti kamu tidak bisa masuk ke WhatsApp selama waktu penalti (waktu pemblokiran sementara).
  • Pemblokiran permanen, itu berarti kamu takkan bisa masuk WhatsApp dengan nomor yang sama, selamanya. Kamu harus buat akun whatsapp baru dengan nomor baru lagi.

Pihak Whatsapp akan memblokir sementara akun kamu untuk pertama kalinya. Kalau kamu masih ngeyel, maka pihak WA akan menaikkan penalti nya hingga sampai memblokir permanen akun whatsapp kamu.

Cara mengatasi akun whatsapp yang di blokir sementara

Satu-satunya cara untuk mengembalikan akun whatsapp yang diblokir sementara adalah dengan memindahkan akun yang diblokir ke aplikasi whatsapp resmi seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jadi langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah:

  1. Catat nomor hp whatsapp kamu sekarang, dan pastikan nomornya masih aktif
  2. Hapus aplikasi whatsapp mod yang kamu gunakan
  3. install aplikasi whatsapp resmi dari playstore atau web resmi whatsapp
  4. Masuk ulang dengan nomor hp yang sama yang kamu catat dilangkah 1 ke aplikasi whatsapp resmi tsbt.

Langkah diatas sangat mudah dilakukan, tapi sayangnya, kalau kamu gunakan langkah diatas, data-data seperti foto atau chat tidak akan terbawa ke aplikasi whatsapp kamu yang baru.

Jadi disini kita perlu tambahkan proses backup dan restore data. Bagaimana caranya?

Cara memindahkan akun dan data dari GBWhatsApp ke WhatsApp Official

1. Buka aplikasi GBWhatsApp, klik tiga ikon di pojok kanan atas, cari Setelan (paling bawah).

Kamu buka GBWhatsApp dan klik Setelan di tiga titik yang ada di pojok kanan atas

2. Pilih Chat, Cadangan Chat, GBWhatsApp akan secara otomatis menyimpan data chat kamu.

Cadangkan riwayat chat kamu, dan tunggu prosesnya.

3. Kamu bisa hapus GBWhatsApp dari smartphone kamu, dan melanjutkan langkah berikutnya.

4.1 Buka aplikasi file manager kamu. Karena aku memakai HP Samsung jadi namanya berbeda disini, klik Penyimpanan Internal, lalu kamu cari folder GBWhatsApp.

Ubah folder GBWhatsApp menjadi folder WhatsApp saja.

4.2 Tekan lama folder GBWhatsApp ganti dengan nama WhatsApp saja. Kamu tidak perlu mengutak-atik bagian dalam folder itu, biarkan saja.

Tekan lama untuk mengganti folder GBWhatsApp jadi WhatsApp.

5. Buka Google Playstore, kamu bisa pasang WhatsApp official dari sana.

6. Setelah terpasang, kamu bisa buka WhatsApp tersebut. Masuklah dengan nomor yang kamu gunakan di WhatsApp mod.

Verifikasi no telpon kamu.

7. Kamu juga harus verifikasi nomor itu dari awal, dan akan mendapatkan SMS kode verifikasi. Masukkan kode itu seperti biasa.

Masukkan kode verifikasi yang dikirim lewat SMS.

8. Ketika sudah masuk WhatsApp official, maka kamu akan ditawari pilihan untuk memulihkan riwayat chat sebelumnya atau tidak (jika memilih tidak, kamu takkan bisa memulihkan riwayat chat untuk selamanya). Pilih “Pulihkan”.

Kamu tinggal memulihkan riwayat chat.

9. Silahkan tunggu sampai proses pemulihan selesai, dan semua data saat kamu menggunakan GBWhatsApp akan pindah ke aplikasi wa resmi.

Proses pemulihan riwayat chat, bisa berlangsung lama atau sebentar.

Cara memindahkan akun dan data dari WhatsApp Plus ke WhatsApp Official

Terus bagaimana dengan WhatsApp Plus? Prinsipnya sama. Kamu perlu mencadangkan chat seperti langkah mencadangkan chat sama seperti proses mencadangkan chat di GBWhatsApp diatas.

Kamu bisa melewati proses pengubahan folder di File Manajer. Karena nama folder penyimpanan WhatsApp Plus di File Manajer itu sudah WhatsApp.

Kemudian, kamu bisa memasang WhatsApp official di Google Playstore, memverifikasi nomor telpon sama seperti nomor telpon yang digunakan di WhatsApp Plus.

Setelah nomor telpon terverifikasi, kamu memulihkan riwayat chat kamu waktu menggunakan WhatsApp Plus – caranya sama persis seperti GBWhatsApp.

Tips untuk menghindari akun di blokir oleh WhatsApp

Meskipun pihak WhatsApp akan memblokir akun pengguna WA mod, tapi blokir takkan langsung dilakukan saat kamu menggunakan mod.

Tampaknya ada syarat / kondisi khusus yang membuat BOT-nya WhatsApp bekerja untuk memblokir akun pengguna mod. Aku sudah mengalami sendiri, ketika membuka akun menggunakan WhatsApp Plus, kemudian langsung diganti jadi GBWhatsApp menjadi tidak bisa.

Terlepas dari itu mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Jadi, inilah tips menggunakan WhatsApp mod agar akun kamu tetap berada dibawah radar BOT pihak WA.

1. Hindari terlalu sering gonta-ganti aplikasi WA mod, apalagi dengan nomor yang sama, dalam waktu dekat. Tanda-tanda akun kamu bakal diblokir adalah SMS verifikasi akan dikirim dalam rentang waktu lama – 1 jam sampai 48 jam.

Contoh pemblokiran sementara akibat gonta-ganti WA mod.
Contoh pemblokiran sementara akibat gonta-ganti WA mod.

2. Hindari salah memasukkan kode verifikasi sebanyak 3 kali lebih. Untuk menghindari kesalahan, copy saja kode 6 digit yang masuk lewat SMS, lalu paste di kolom login WA mod.

3. Hindari salah memasukkan dan mengganti nomor telpon berkali-kali. Ini juga menyebabkan akun kamu diblokir. Jika sudah terlanjur, kamu juga harus lakukan penghapusan data seperti poin nomor dua.

4. Hindari copy data jika WA mod menyediakan fitur include copy data WhatsApp. Lakukan secara manual waktu backup atau restore data, dan ekspor chat personal/grup lewat share kontak – kontak sendiri atau akun lain. Simpan, jika sewaktu-waktu butuh restore ke WhatsApp official.

5. Hindari mencadangkan chat melalui Google Drive. Kamu bisa menyetel jangan pernah. Namanya pakai mod ya sudah risikonya chat hilang.

6. Kamu jangan mengirim laporan apapun di halaman help (bantuan) WhatsApp mod.

WhatsApp mod memang memiliki kelebihan dibanding WhatsApp official, tapi kalau ujung-ujungnya bikin akun kena blokir kan sayang. Menurut hemat aku, sebaiknya kamu kudu pinter, kalau nomor telpon utama pakailah aplikasi WhatsApp official, kalau mod pakai nomor telpon kedua/cadangan.

Ok. Segitu aja pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan. Silahkan tambahkan dikolom komentar.

 

118 pemikiran pada “Diblokir sementara saat pakai whatsapp mod? Ini cara mengatasinya”

    • 1. peraturan blokirnya memang belum lama ini keluarnya mas… dulu memang lancar2 aja..
      2. kemungkinan waktu pindahan itu langsung ke deteksi

      jadi harusnya sih ga masalah brand ponselnya apa.. 😀

  1. Wkwkwk…, kesimpulan dr semua komn di up, kita pinginnya fitur waori=wamodd. Mudah”an wa’ori merekom salah 1. Btw semakin banyak yg pake wamod, akan menjadi perhitungan juga bagi waori kalau mau blok manen. AllahuA’lam…

    Salam semua, tetap semangat…

    Balas
    • ga juga sepertinya mas.. sebelumnya banyak banget yng pake wa mod kok… lalu tiba2 mereka keluarin peraturan begini..

      ya mudah2an kedepannya ada solusinya…

Tinggalkan komentar